Rab Ne Bana Di Jodi

Maret 04, 2012

Banyak film - film bagus yang memberikan contoh bagi kita untuk menghargai dan mempertahankan sebuah rumah tangga serta mengagungkan sosok suami yang baik sebagai pendamping yang sempurna. Industri film India sudah menelurkan berbagai judul, salah satunya yang baru - baru ini diproduksi dan meraih banyak pujian ialah Rab Ne Bana Di Jodi.

Pemuda yang pemalu, tertutup, dan baik hati bernama Surinder Sahni (Shahrukh Khan) adalah seorang karyawan di kantor Punjab Power. Dia diam-diam jatuh cinta dengan putri mantan profesor (MK Raina), yang cantik dan lincah Taani Gupta (Anushka Sharma), yang mana ia lihat pertama kali saat persiapan pernikahannya.

Beberapa saat kemudian, berita mengejutkan datang bahwa tunangan dan rombongan pernikahannya tewas dalam kecelakaan di jalan. Taani yang sangat riang segera putus asa; ayahnya mendadak kena serangan jantung. Khawatir bahwa Taani akan sendirian di dunia, profesor meminta Suri menikahi putrinya. Suri mengiyakan, sementara Taani sambil menangis menyetujui semata - mata demi keinginan ayahnya.

Setelah pernikahan dadakan itu, Suri membawa Taani ke rumah kakeknya di Amritsar. Sifat baik Suri ternyata memperlakukan Taani dengan sangat hati-hati, dengan memberikan kamar tidurnya untuk Taani, namun ia terlalu takut untuk menyatakan cintanya. Lagipula, Taani mengatakan kepadanya bahwa sementara ia akan mencoba untuk menjadi istri yang baik dan menghormati perannya dalam hidupnya, tetapi dia tidak bisa mencintainya karena tidak memiliki cinta yang tersisa dalam dirinya. Suri mengaku tidak terganggu dan berterima kasih sebab Taani telah menjaga nama baiknya di hadapan rekan kerjanya. Termasuk keinginan Suri untuk rutin ke bioskop untuk melihat film.


Suatu siang Taani melihat poster kontes menari yang menarik baginya. Dia segera meminta izin Suri untuk mendaftar latihan menari tersebut walaupun mahal sebab ia merasa bosan seharian di rumah saja.
Selama beberapa malam di bioskop, Suri menyadari bahwa Taani mengagumi sosok lelaki yang kuat dan ‘macho’ sehingga kemudian ia meminta sohibnya, Balwinder "Bobby" Khosla (Vinay Pathak) si pemilik salon, untuk mengubah penampilannya sehingga ia dapat memenangkan cintanya. Bobby memberinya makeover lengkap (mencukur kumis dan mengubah gaya rambutnya) kemudian ia keluar dalam gaya Barat yang funky dengan pakaian ketat.

Dalam lagu Haule Haule
Suri dengan demikian berubah menjadi "Raj Kapoor", nama yang ia adaptasi dari pahlawan di film yang Taani kagumi. Ia bergabung dengan kelas menari agar dapat berada di dekatnya. Secara kebetulan - atau, sebagaimana ia katakan, karena takdir Tuhan - ia menjadi partner Taani dalam kompetisi. Meskipun awalnya sosok Raj hanya untuk meniru sosok di film - ia dan Taani menjadi teman saat mereka bekerja sama dalam rutinitas tarian mereka.

Setelah beberapa waktu, Raj menyatakan cintanya. Taani terkejut, sebab ia sudah tidak bisa jatuh cinta dan ia sendiri sudah menikah. Suri juga menghadapi dilema, kesengsaraan Taani sebagai istrinya berbeda dengan kegembiraannya saat bersama Raj. Ia kemudian mencoba untuk memenangkan cinta Taani sebagai Suri, namun Taani merasa sangat bingung. Dia akhirnya melarikan diri mencari Raj untuk menceritakan keadaan tersebut, berharap ia akan membantunya. Raj menawarkan untuk lari dengannya, dan dia setuju sambil menangis. Mereka menetapkan hari untuk lari pada saat malam kompetisi menari selesai.

Malamnya, Suri memberitahu Bobby bahwa ia akan mengakhiri sandiwara dengan caranya sendiri, yaitu mengorbankan cintanya, ia tinggalkan rumah dan hartanya untuk Taani dan mengajukan pindah kerja ke Delhi.

Pada hari kompetisi, Suri membawa Taani ke Kuil Emas untuk mendapatkan berkat Tuhan untuk kompetisi menarinya, juga untuk akhir kisahnya sebagai Raj. Sementara di sana, Taani mendapat kenyataan di mana dia percaya Tuhan telah menunjukkan padanya bahwa pernikahannya dengan Suri adalah yang ditakdirkan Allah. Untuk pertama kalinya ia menyadari pada suaminya akan kekuatan dan integritas karakter Suri, cintanya yang tak terbatas yang telah membawanya ke dalam kehidupan baru setelah kesedihannya.

Sebelum kompetisi berlangsung, Taani berkata kepada Raj bahwa dia tidak bisa pergi dengannya. Dia meninggalkan Raj yang tampak shock padahal Suri begitu terharu dengan kata – kata istrinya itu. Ketika saatnya tiba untuk menari, Taani terpana melihat Suri dan bukan Raj yang berdiri di atas panggung sebagai partnernya. Sambil menari Taani membayangkan kedua sosok antara Raj dan Suri melalui serangkaian kilas balik sehingga jelaslah bahwa Suri adalah Raj. Di belakang panggung Taani memperhatikan Suri dan ketika Suri mengakui cintanya, Taani menangis mengakui bahwa ia juga mencintainya. Setelah memenangkan kompetisi, keduanya pergi berbulan madu ke Jepang.

Cast:
• Shahrukh Khan sebagai Surinder "Suri" Sahni / Raj Kapoor
• Anushka Sharma sebagai Tania "Taani" Sahni
• Vinay Pathak sebagai Balwinder "Bobby" Khosla
• Manmeet Singh sebagai pemilik garasi "Raju"
Penampilan spesial dalam lagu "Phir Milenge Chalte Chalte":
• Kajol
• Bipasha Basu
• Lara Dutta
• Preity Zinta
• Rani Mukerji

Beberapa penghargaan pun diraih.
Diantaranya tahun 2009 dalam Apsara Film & Television Producers Guild Awards memenangkan:
Best Actor - Shah Rukh Khan
Best Debut Female - Anushka Sharma
Best Choreography - Shiamak Davar - Dance Pe Chance
Best Lyrics - Jaideep Sahni - Tujh Mein Rab Dikhta Hai
Female Playback Singer - Shreya Ghoshal - Tujh Mein Rab Dikhta Hai

Tahun 2009 dalam Filmfare Awards memenangkan:
Filmfare Best Male Playback Award - Sukhwinder Singh ("Haule Haule")
Filmfare Best Scene of the Year Award (The rose scene)
Juga sebagai nominasi dalam beberapa kategori:
Best Actor - Shah Rukh Khan
Best Actress - Anushka Sharma
Best Director - Aditya Chopra
Best Film - Aditya Chopra
Best Female Playback Singer - Sunidhi Chauhan ("Dance Pe Chance")
Best Supporting Actor - Vinay Pathak

Tahun 2009 dalam International Indian Film Academy Awards sebagai nominasi beberapa kategori:
Best Actor
Best Supporting Actor - Vinay Pathak
Best Lyrics
Best Male Playback Singer

Tahun 2009 dalam Stardust Awards sebagai nominasi beberapa kategori:
Stardust Award for Superstar Of Tomorrow - Female
Best Film
Best Director
Stardust Award for Star Of The Year – Male

Tahun 2009 dalam Star Screen Awards sebagai nominasi beberapa kategori:
Most Promising Newcomer - Anushka Sharma
Best Actor - Shah Rukh Khan
Best Choreography
Best Male Playback Singer
Best Female Playback Singer
Best Lyrics

Sumber:
indicine.com/movies

You Might Also Like

0 Comments

» Komentar anda sangat berguna untuk peningkatan mutu posting
» Terima kasih bagi yang sudah menulis komentar.

SUBSCRIBE NEWSLETTER

Get an email of every new post! We'll never share your address.

Flickr Images